5 bahaya dari kemudahan yang di janjikan smartphone, kamu wajib tau !

Smartphone adalah anugrah kemajuan jaman yang sangat besar pengaruhnya bagi mata dunia, bagaimana tidak ? Kemudahan yang ditawarkan smartphone adalah hal yang tidak bisa didustakan. Dulu SMS memakan banyak biaya, telepon apalagi. Sekarang cukup dengan berbagai aplikasi chatting dan layanan video call berbasis internet membuat semuanya terasa gratis.Nggak harus ke mana-mana, semua bisa kamu beli dengan HPmu. Mulai dari makanan, pulsa, hingga tiket perjalanan. mudah dan praktis ya gils. tapi jangan salah ya. di balik itu semua teryata smartphone menimbulkan bahaya lo. apa ya kira-kira bahaya yang di picu oleh smartphone? yuk langsung saja kita simak di bawah ini. cekidoot. 
 
 
 
 
1. Ojek online
Salah satu yang sedang hits saat ini adalah fenomena ojek online. Tak bisa dipungkiri ini memang sangat membantu. Tinggal pesan, tunggu, dan kita diantar sampai tujuan. Tarifnya pun relatif murah dibanding ojek biasa. Tapi menggunakan ojek online, artinya nomor teleponmu pun jadi tersebar. Apalagi kalau komunikasi dengan driver masih via pesan dan telepon. Jadi jangan heran ya kalau makin banyak pesan masuk ngajak kenalan.
 
2. Belanja online
Saat kamu belanja online, sadarkah bahwa kamu sebenarnya sedang membagikan banyak informasi pribadi di sana? Mulai dari email, nomor telepon, bahkan alamat. Jangan heran, bila suatu saat semakin banyak saja email-email promo yang masuk. Itu hanya salah satu. Kemungkinan lainnya, data-data di ponselmu bisa saja dicuri tanpa sepengetahuan.
 
3. Segala transaksi perbankan bisa pakai aplikasi.
Dulu kalau mau transfer, harus datang pagi-pagi ke bank biar dapat urutan pertama. Atau setidaknya harus keluar tenaga dulu mencari mesin ATM terdekat. Sekarang tinggal pakai aplikasi mobile banking, mulai dari transfer, bayar listrik, sampai bayar kuliah pun bisa dilakukan. Tapi kamu harus waspada, karena transaksi via mobile banking hanya perlu pin bukan tanda tangan.

Apalagi kalau kamu terbiasa menggunakan satu password untuk semua akun. Memang sih biar gampang diingat. Apalagi kalau kamu orang pelupa, password berbeda-beda malah bisa tertukar-tukar jadinya. Tapi prinsip “1 untuk semua” itu bahaya. Karena itu artinya bila orang tahu password twittermu, dia tahu password mobile bankingmu juga. Ya memang masih perlu pin untuk melakukan transaksi. Tapi bukan mustahil dia pun tahu pin-mu, karena bila niat jahat sudah ada segala cara pasti akan ditempuh kan?

4. Segala media sosial sekarang juga ada aplikasinya. Tapi kalau Hpmu dibajak, reputasimu pun bisa terancam
Dulu di masa kejayaan Friendster, kita perlu ke warnet dulu untuk update status. Karena warnet adalah tempat umum, kita otomatis lebih aware untuk me-logout akun sebelum pulang. Sekarang buka aplikasi IG atau Facebook di HP, kamu bisa langsung posting tanpa harus login-login lagi.

Tapi kemudahan ini harus kamu perhatikan. Siapa tahu ada temanmu yang isengnya kebangetan. 
Kalau foto-foto konyol dan aibmu tersebar di media sosial bagaimana? Kan ngeri.
 
5. Banyaknya aplikasi pembayaran sangan menolong kamu yang sering mager keluar. Tapi HPmu harus aman biar uangmu juga tersimpan
Mobile banking adalah satu kemudahan bertransaksi perbankan. Ada juga kemudahan finansial lain, berupa aplikasi-aplikasi pembayaran seperti M-saku, Sepulsa, Cek Tagihan, dan lain-lain. Pada prinsipnya, dengan satu aplikasi kita bisa membayar semua tagihan dan beli pulsa. Kamu tinggal melakukan top up saldo ke aplikasinya, lalu membayar yang perlu dibayar. Jadi tidak perlu ke sana ke mari untuk bayar berbagai tagihan. Meski gampang, smartphone-mu harus aman lho. Karena kalau nggak, ada tangan-tangan usil yang bisa menyalah gunakan.

Ya bukannya melarang pakai smartphone sih, toh kita memang butuh. Dan terbukti smartphone membuat segala sesuatu lebih mudah. Tapi ada baiknya kita lebih aware bahwa dibalik canggihnya teknologi, sering ada risiko yang luput dipikirkan. Sesederhana memakai password rumit dan membedakan satu password dengan password lainnya, bisa cukup membantu kok.

0 komentar