Mengenal Lebih Jauh Tentang Cara Kerja Pembangkit Listrik


Tenaga surya pastinya sangat berguna untuk segala kehidupan di bumi ini. Akankah anda sudah mengetahui kepanjangan dari singkatan PLTS? Tentunya singkatan ini menjadi kepanjangan dari pembangkit listrik tenaga surya. Ternyata pembangkit tersebut bisa mengubah cahaya matahari menjadi sebuah energi listrik. Cara kerja PLTS ini hadir dalam dua cara yakni dengan cara tidak langsung atau bisa dikatakan dengan pemusatan energi surya bahkan bisa juga secara langsung dengan fotovoltaik.



Dimana fotovoltaik ini merupakan sektor energy yang erat hubungannya dengan aplikasi panel surya. Apalagi kini sudah meluas sekali sejak beberapa tahun ini. Mengingat banyak sekali permintaan akan hal tersebut. Fotovoltaik ini bisa mengubah secara langsung energy cahaya matahari menjadi listrik. Sedangkan untuk pemusatan dari energy surya ini biasanya mempergunakan sebuah  cermin yang nantinya akan dikombinasikan lagi dengan sebuah sistem pelacak.

Ketahui cara kerja dari pembangkit listrik tenaga surya

Anda yang sekarang ini menggunakan listrik, mungkin masih merasa bingung dari mana asalnya, sebetulnya listrik ini merupakan hasil dari pembakaran bahan bakar seperti halnya gas bumi ataupun batu bara. Inilah mengapa penggunaan listrik bisa menjadi alternatif untuk mencegah terjadinya pemanasan global.

Lantas bagaimanakah cara kerja dari pembangkit listrik tenaga surya ini? Kini sudah tersedia dua cara dari PLTS yakni PLTS Termal dimana ia cukup mengumpulkan panas matahari yang nantinya akan dipergunakan memanaskan cairan. Selanjutnya uap dari hasil cairan ini bisa dipergunakan untuk menghasilkan listrik.

Cara lainnya bisa juga dengan PLTS fotovoltaik dimana alat yang dipergunakan untuk menangkap cahaya matahari ini nantinya bisa dikonversikan langsung menjadi sebuah energi listrik. Banyak orang mengakui bahwa jenis PLTS yang satu ini lebih cepat jika dibandingkan dengan satunya. Kini anda pun pasti sudah lebih paham tentang cara kerja dari pembangkit listrik yang berada di daerah anda. Semoga saja dengan pembahasan di atas bisa memberikan tambahan ilmu bagi anda yang membacanya. Mungkin kita sering membaca tentang tenaga surya ini saat masa sekolah.

0 komentar