Perbedaan Rhinitis dan Sinusitis

Rhinitis dan sinusitis merupakan hal yang berbeda. Namun, terdapat keterkaitan antara rhinitis dan sinusitis. Keterkaitan ini menyebabkan adanya hubungan sebab akibat. Semuanya berhubungan dengan organ pernapasan yaitu hidung yang tersumbat. Penyakit rhinitis kerap kali menimbulkan infeksi dan infeksi ini merupakan salah satu penyebab sinusitis.

Penyebab Rhinitis dan Sinusitis

1. Penyebab Rhinitis

Rhinitis terjadi ketika ada peradangan pada dinding hidung. Rhinitis dibagi menjadi allergic rhinitis (rhinitis yang disebabkan oleh alergi) dan non-allergic rhinitis (rhinitis yang tidak disebabkan oleh alergen).

Allergic rhinitis merupakan rhinitis yang disebabkan oleh adanya alergen. Alergen dapat berupa serbuk sari yang berasal dari bunga kemudian terbawa udara lalu terhirup oleh Anda. Selain dari serbuk bunga, alergen juga dapat berupa debu. Sementara penyebab dari non-allergic rhinitis bukan berasal dari debu ataupun serbuk sari.

Non-allergic rhinitis dapat disebabkan oleh polusi. Paparan polutan kemudian akan menyumbat organ pernapasan Anda. Polutan-polutan tersebut berupa aroma yang terlalu menyengat, asap rokok, dan suhu yang terlalu dingin.

2. Penyebab Sinusitis

Sinusitis merupakan peradangan pada rongga sinus yang disebabkan oleh infeksi. Infeksi ini berasal dari keberadaan virus, jamur, bakteri, hingga deviasi septum. Deviasi septum adalah kondisi dimana salah satu bagian hidung berukuran lebih kecil dari bagian yang lainnya.

Hidung tersumbat akibat sinusitis maupun rhinitis sebenarnya dapat diatasi dengan obat semprot hidung. Obat semprot hidung ini tidak menyembuhkan rhinitis atau sinusitis. Namun dapat membantu meredakan gejalanya. Bacalah panduan cara pakai obat semprot hidung untuk info lebihlengkap.

Pengobatan Rhinitis dan Sinusitis

Obat antihistamin dapat digunakan untuk mengobati allergic rhinitis. Sementara untuk mengobati non-allergic rhinitis, Anda dapat menggunakan obat semprot atau obat spray. Bagi penderita sinusitis, pemberian antibiotik dapat dilakukan untuk mengobati sinusitis.

Gejala Rhinitis dan Sinusitis

Gejala rhinitis ditandai dengan hidung yang terasa gatal, hidung memerah, dan sering bersin. Gejala-gejala tersebut disebabkan oleh penyumbatan pada hidung. Sementara pada penyakit sinusitis, gejala yang dialami adalah keluarnya cairan yang berwarna kuning kehijauan serta sakit kepala yang luar biasa.
Ada kalanya Anda menganggap penyakit rhinitis atau sinusitis sebagai flu atau pilek biasa. Namun Anda harus waspada karena flu dan pilek sangat berbeda dengan rhinitis atau sinusitis. Sering-seringlah membaca tips kesehatan agar tubuh Anda dan keluarga senantiasa sehat selalu.

0 komentar