Manfaat dari pinjaman online !



Pinjaman online atau pinjol cepat adalah suatu kegiatan yang dimana pada saat melakukan pinjaman tidak menjaminkan aset yang dipunya dan sistem pencairannya yang cepat serta mudah. Pada saat ini sistem pinjam online sangat membantu masyarakat sekitar untuk lebih mudah dalam melakukan pinjaman karena dengan hanya lewat handphone sistem pinjaman bisa terjadi asalkan tempat pinjaman online sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang mana telah di atur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. Yang menjadi kelebihan dari layanan otoritas ini yaitu kemudahannya. Jika tempat tersebut tidak terdaftar dalam OJK maka bisa di bilang sistem pinjaman online tersebut ilegal dan sangat berbahaya bagi konsumennya jika ini terjadi Tetapi yang terjadi dilapangan masih banyak perusahaan yang menyediakan peminjaman online yang tidak terdaftar di OJK ini yang sangat di sayangkan oleh masyarakat. Maka dari itu masyarakat harus lebih detail dan hati-hati dalam memilih perusahaan yang ingin dilakukan pinjaman secara online.

Kelebihan melakukan pinjaman secara online adalah prosesnya yang sangat mudah dengan menggunakan handphone atau gedget, jaringan internet yang mendukung sistem peminjaman bisa terjadi tanpa harus repot datang ke perusahaan peminjaman dana dan juga persyaratan yang tidak ribet cukup menunjukkan atau mengirim foto KTP kepada pemberi pinjaman tersebut selain itu juga sistem dana yang cepat cair hanya dengan beberapa hari saja dana sudah bisa cair asalkan data yang diberikan diisi dengan benar dan jujur ini yang membedakan pinjaman sistem online dengan yang tidak online.

Kekurangan dari sistem pinjam online ini yaitu masih kurangnya pengawasan OJK terhadap oknum-oknum perusahaan yang tidak mendftarkan ke OJK. Hal ini yang sering terjadi di masyarakat yang mana banyak masyarakat tertipu oleh oknum-oknum tersebut yang berjanji akan di cairkan pada hari ini ternyata tidak dicairkan ini yang membuat masyarakat kurang percaya dengan pinjaman online. Selain itu juga tingkat bunga yang di dapat oleh si penerima pinjaman setelah melakukan pinjaman online yang tinggi, ini yang membuat para penerima pinjaman merasa kurang bisa untuk mengembalikan pinjamannya tersebut karena harga bunga yang tinggi. Hal ini yang seriing terjadi karena tidak bisa mengembalikan pinjaman yang dikasih mereka di tagih oleh penagih hutang atau yang sering di sebut depkolektor.

Tapi dari sebagian banyak orang mereka tidak mementingkan hal-hal yang nanti akan terjadi setelah sistem pinjam uang berlangsung yang mereka inginkan adalah pinjaman online tersebut bisa cepat cair dan untuk bagaimana mengembalikannya itu urusan belakangan. Padahal itu harus dipikirkan juga karena nantinya si peminjam online tersebut akan ditagih oleh depcolektor yang akan datang ke rumah. Hal ini yang harus jangan terjadi.

Dari sistem pinjam online tersebut padahal bisa di lakukan dengan sistem pinjaman online secara syariah yang mana sistem pinjam tetap dilakukan secara online tanpa tatap muka, sistem nya pun juga sama dengan pinjaman online konvensional tetapi bedanya dari harga bunga yang di tetapkan untuk para peminjam online. Kalau peminjaman online secara syariah tentunya tidak terdapat bunga di dalamnya tetapi diganti oleh sistem sewa menyewa dan jual membeli.

Pinjaman online diliat dari segi agama juga dinilai bagus karena bisa saling tolong menolong terhadap sesama yang mana diajarkan dalam agama harus saling tolong menolong. Pinjaman online ini juga bisa menjadi ladang pahala bagi pemberi pinjaman asal tidak muncul sifat sombong dari diri si pemberi pinjaman dan juga bagi si pemberi pinjaman akan dihilangkan rasa kesusahan yang mana artinya akan selalu berkecukupan dalam hidupnya, karena sering membantu orang yang lagi membutuhkan pinjaman dana. Pinjaman online bisa di katakan baik dalam segi agama jika semua kegiatan sesuai dengan syariat islam yang mana hasil dari pinjaman tersebut tidak digunakan untuk keperluan yang dilarangkan oleh Allah SWT.

Sistem pinjam meminjam dan berhutang sudah ada dalam alquran dan hadis yang mana berhutang di perbolehkan oleh agama asalkan niat untuk berhutang itu baik dan bagi si pemberi pinjaman tidak menggunakan bunga karena itu bersifat riba yang mana sifat itu yang dibenci Allah dan tidak baik untuk dilakukan. Dengan dilakukan pemberian harga bunga yang tinggi ini bisa membuat si penerima menjadi bingung dan membuat beban sendiri bagi penerima pinjaman. Menambah beban hidup yang sangat berat itu tidak baik karena sebagai pemberi pinjaman haruslah meringankan beban si penerima pinjaman agar mendaptkan nilai kebaikan dimata sang pencipta. Maka dari itu pinjaman online menyediakan jasa berupa pinjaman online syariah yang mana para peminjam online tidak usah khawatir dengan harga tingkat bunga yang tersedia karena pinjaman online syariah ini bebas bunga dan sudah pasti sesuai dengan ketentuan OJK yang berlaku dan sesuai dengan syariat islam.

Sistem pinjaman online ini jika dilihat dari keuntungan dan kelebihan yang dipunya hanya satu yang harus ditetapkan dari sistem ini yaitu harus saling percaya antara pengguna dan pemberi pinjaman. Memang kepercayaan itu sangat susah untuk di dapat apalagi dengan maraknya lembaga peminjaman online yang ilegal yang tidak terdaftar di otoritas jasa keuangan. Sistem kepercayaan ini lah yang harus dibangun selain itu juga sistem keepedulian terhadap peraturan yang berlaku agar sitem peminjaman online ini bisa berjalan dengan baik, lancar dan bersih. bagi anda yang kebingungan mencari pinjaman online https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online/ bisa menjadi salah satu pilihan anda

0 komentar